ucapan-belasungkawa-islamiBerita Terkini 

10 Ucapan Belasungkawa Islami yang Menenangkan Hati

ZonaBerita.net – Jodoh, rezeki dan maut merupakan ketetapan dari Allah SWT untuk setiap makhlukNya. Sebagai manusia, tentu saja kita hanya perlu mensyukuri dan menerima semua yang telah ditakdirkan oleh Allah. Begitu pula dengan kematian, yang sewaktu-waktu pasti akan datang kepada setiap yang bernyawa. Ketika saat itu telah datang bagi orang terdekat kita, maka yang bisa kita lakukan hanyalah memberi ucapan belasungkawa islami.

Karena sebagian orang tidak begitu pandai dalam merangkai kalimat untuk dapat menggambarkan rasa simpatinya dalam sebuah musibah ataupun kemalangan, kali ini kami akan memberikan rangkuman ucapan belasungkawa yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ucapan belasungkawa.

1. Menguatkan agar tidak berlarut dalam kesedihan

“Inna lillahi wainna ilahi roji’un. Yakinlah bahwa semua cobaan ini merupakan kulit dari sebuah hikmah. Kita boleh saja bersedih atas musibah ini, namun semua kesedihan itu tidak akan merubah keadaan menjadi baik. Bertawakal dan bersabar menjadi jawaban untuk tetap tegar dalam menghadapi semua musibah, doakanlah agar amal ibadah dan segala dosa-dosa almarhum diampuni oleh Allah.”

2. “Inna lillahi wainna ilahi roji’un, saya beserta keluarga ikut berbelasungkawa yang sebesar-besarnya atas kepergian sahabatku. Semoga amal ibadahnya di terima Allah SWT, dan untuk keluarga yang ditinggalkan semoga diberi ketabahan dan kesabaran yang melimpah.”

3. Mengingatkan bahwasannya setiap yang bernyawa akan mati

“Inna lillahi wainna ilahi roji’un, semua makhluk yang bernyawa telah Allah pastikan batas waktunya. Oleh sebabnya, bersabarlah atas semua cobaan yang melanda keluargamu ini. Yakinlah, bahwa Allah telah menyimpan hikmah yang begitu berharga di balik cobaan ini.”

4. “Inna lillahi wainna ilahi roji’un, tidak aku sangka kepergianmu begitu cepat. Selamat jalan sahabat terbaikku, disini aku hanya bisa mendoakan agar amal ibadah dan segala dosamu di ampuni oleh Allah SWT. Tak lupa untuk keluarga yang ditinggalkan, semoga Allah melapangkannya agar ikhlas menerima musibah ini.”

5. Ucapan belasungkawa yang mewakili sejumlah orang

“Inna lillahi wainna ilahi roji’un, kami dan rombongan mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya. Almarhum memang sosok yang murah senyum dan baik hati, sehingga kita merasa terpukul atas kepergiannya. Namun, kita hanya makhluk Allah yang kelak nanti pasti akan kembali kepadaNya. Percayalah, bahwa Allah telah menyiapkan rencana yang lebih baik dibalik semua cobaan ini.”

6. “Inna lillahi wainna ilahi roji’un, saya beserta keluarga turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas kepergian ayahmu. Kami dan keluarga tidak bisa berbuat banyak, hanya bisa mendoakan semoga Allah menerima amal ibadah almarhum dan mengampuni segala dosa-dosa yang telah diperbuatnya.”

7. Mendo’akan secara langsung untuk yang t’lah tiada

“Inna lillahi wainna ilahi roji’un, baru saja kemari almarhum berkunjung ke rumahku untuk bersilaturahim. Kini almarhum terbaring kaku untuk menghadap Sang Khalik. Selamat jalan sahabat terbaikku, semua jasa-jasamu tidak akan pernah kulupakan hingga aku menyusulmu untuk menghadap-Nya, dan tak lupa doa yang kupanjatkan agar Allah menerima amal ibadahmu serta mengampuni segala dosa-dosamu.”

8. “Inna lillahi wainna ilahi roji’un, percayalah bahwa Allah tidak akan memberikan cobaan yang melampaui batas kemampuan umatNya. Kita semua ini hanyalah tumpukan tanah yang di beri nyawa dan sewaktu-waktu kita juga akan menjadi tanah. Hasbunallah wa ni’mal wakiil.”

Baca juga: Kumpulan Artikel Tentang Ucapan Belasungkawa dan Update Wanita

9. “Inna lillahi wainna ilahi roji’un. Almarhum bukan hanya sekedar rekan kerja, namun sudah ku anggap sebagai keluarga. Tentunya kepergian almarhum membuatku terpukul. Tapi apa daya, Allah telah menakdirkan semua ini. Untuk keluarga dan kerabat yang ditinggalkan semoga diberi ketabahan, dan saya hanya bisa mendoakan agar amal ibadah almarhum di terima oleh Allah SWT.”

10. “Inna lillahi wainna ilahi roji’un. Yakin bahwa semua cobaan ini memiliki hikmah dan makna, agar kita senantiasa mengingat kematian. Sebab kita hanya makhluk Allah, dan sewaktu-waktu pasti akan kembali pula kepadaNya.”

Itulah dia 10 referensi ucapan belasungkawa islami yang bisa Anda ketahui dan pakai jika sewaktu-waktu kerabat terdekat di sekitar Anda tertimpa kemalangan berupa berpulangnya sanak saudaranya. Dengan contoh ucapan seperti di atas, Anda jadi bisa mengekspresikan rasa simpati Anda kepada mereka yang ditinggalkan.

Baca juga: Mengenal 99 Nama Allah Beserta dengan Artinya

Related posts

Leave a Comment