Tips Presentasi Dengan Baik Dan BenarBerita Terkini 

4 Tips Presentasi Dengan Baik Dan Benar

Setiap orang memiliki permasalahan nervous saat tampil didepan umum, salah satunya yang sering kita hadapi adalah saat kita presentasi. Seperti yang diketahui bahwa presentasi yang baik akan membawa dampak positif terhadap apa yang kita sampaikan.

Mungkin kita sering menyampaikan sesuatu saat presentasi mengenai tugas kita. Namun, saat mencoba menyampaikan dengan baik justru blank didepan karena grogi. Hal ini pastinya sangat mengganggu karena membuat seseorang tidak bisa menyampaikan dengan baik. Oleh karena itu ada baiknya kita mempelajari beberapa tips agar presentasi kita berjalan dengan baik.

Baca Juga : Tips Belajar Efektif dan Gak Bikin Bosen

Berikut adalah 5 tips presentasi dengan baik dan benar :

1. Pahami dengan baik purpose, audience dan logistics

Saat presentasi kita harus mengetahui betul apa tujuan kita, apakah untuk memberikan informasi, untuk mempersuasi orang lain atau memberikan hiburan. Hal ini harus kita perhatikan dan disesuaikan. Setelah itu kita harus mengetahui penonton kita saat presentasi agar kita bisa menyesuaikan sikap kita dengan mereka dan yang terakhir adalah harus dapat mengorganisir dengan baik. Kita harus mengetahui berapa lama kita diberi waktu untuk berbicara dan mengetahui seting ruang tempat presentasi.

2. Perhatikan waktu yang disediakan

Sebelum presentasi ada baiknya kita merencanakan, mempersiapkan, dan berlatih agar dapat sesuai dengan waktu yang diberikan kepada anda untuk presentasi. Akan sangat baik dan terlihat profesional apabila seseorang dapat presentasi tepat sesuai dengan waktu yang diberikan. Selain itu cobalah seimbangkan waktu anda untuk berbicara dan mengajak audience anda untuk berinteraksi.

3. Tetap relevan

Ketika mempersiapkan materi presentasi, ada baiknya mempertimbangkan hal-hal apa saja yang harus diketahui oleh audiens dan apa saja hal yang kurang perlu diketahui oleh audience. Hal ini harus di atur dengan baik karena biasanya waktu untuk presentasi terbatas maka batasi materi presentasi sesuai waktu yang diberikan, anda harus memilih poin – poin penting mana yang harus disampaikan kepada audiens.

4. Mainkan emosional

Dalam setiap presentasi ada baiknya kita memasukan beberapa unsur kisah, anekdot dan analogi untuk dapat mendukung poin – poin presentasi anda. Hal ini juga bisa menarik daya tarik bagi audience untuk mendengarkan anda. Selain itu, anda juga memiliki dampak yang lebih baik daripada sekadar memakai data murni.

Related posts

Leave a Comment