cara-mengajarkan-anak-membaca
Advertisements

Zonaberita.net – Dalam bukunya yang berjudul ‘How to Teach Your Baby to Read’, Glen Doman mengatakan bahwa pada dasarnya kemampuan anak terutama balita sangat luar biasa.

Bahkan, menurutnya, otak anak yang separuhnya sudah dilakukan pembedahan Hemispherectomy membuang separuh fisik otaknya) bisa memiliki kemapuan yang sama dengan anak yang otaknya utuh dan normal.

Sebenarnya, dalam metode Doman ini, mengajarkan anak membaca, terutama anak balita itu mudah dan sederhana.

Mudah dan sederhana, namun bukan berarti bisa dilakukan seenaknya. Ada beberapa hal yang harus dilakukan supaya tujuan mengajari membaca anak tercapai dengan hasil yang maksimal.

  • Hal – Hal Yang Harus Dilakukan Saat Mengajar Anak Membaca
  • Jangan membuat anak menjadi bosan dengan maju terlalu cepat, maju terlalu lambat, dan terlalu sering memberi tes.
  • Jangan memaksa anak, apapun bentuknya.
  • Jangan tegang, sehingga anda lebih baik menunda jika kondisi tidak mendukung, baik pada diri anda maupun sang anak.
  • Jangan dulu mengajarinya abjad, akan tetapi ajari kata-kata terlebih dahulu.
  • Selalu bergembiradan bikin suasana hati sang anak senang dan nyaman saat menerima pelajaran dari anda.Selalu ciptakan metode baru. Ingat, bagaimanapun jeleknya cara anda mengajar, namun bisa dipastikan bahwa anak akan belajar lebih banyak daripada tidak diajarkan sama sekali.

Baca juga: Referensi Nama Bayi Perempuan Jawa Islami yang Bermakna

Metode Glen Doman (Tahap 1)

Cara mengajarkan anak membaca melalui pengenalan kata dengan menggunakan metode Glen Doman sebagai berikut :

Pertama-tama buat 15 kata dibagi dalam 3 set kategori berbentuk kartu dari karton dan spidol. Masing-masing terdiri Set Kategori A, Set Kategori B dan Set Kategori C yang berbeda.

Advertisements

Contoh, gunakan tema nama-nama dalam anggota keluarga di set A (ayah, ibu, tante, kakek, nenek), nama buah di Set B (pisang, jambu, apel, jeruk, durian), dan nama hewan di Set C (kuda, ikan, angksa, ayam, itik).

Lalu ambil satu kartu yang paling depan/tumpukan karton pertama di Set A, sebutkan (bacakan) serta ajari anak untuk menirukannya. Ingat, tidak usah dijelaskan artinya tentang apa yang dibaca oleh anak. Tidak lebih dari satu detik, kemudian ambil kartu dari belakang dan lakukan seperti yang pertama.

Perhatikan wajah anak saat menyebutkan kata, amati kata yang disukainya dan yang tidak. Jangan minta anak mengulang kata-kata yang anda bacakan tadi.

Setelah membaca lima kata, hentikan pelajaran ini. Lalu peluk anak anda dan pujilah ia dengan menunjukkan anda sangat bangga dengan apa yang dilakukannya itu.

  • Di hari pertama pelajaran, lakukan untuk Set A sebanyak 3 kali.
  • Hari kedua lakukan Set A = 3x, Set B = 3x
  • Hari ketiga Set A = 3x, St B = 3x, dan Set C = 3x
  • Lalu hari keempat sampai keenam sama seperti hari ketiga. Setiap kata yang dibaca maksimal antaa 15-25 kali. Sesudah sebanyak itu, kata harus diganti. Caranya adalah, setelah hari keenam ambil 1 kata dari setiap Set dan gantilah dengan sebuah kata baru. Setiap satu Set yang anda bacakan langsung diacak, hal ini agar anak tidak bisa menebak urutan kata. Jangan pernah mengulang kata yang sudah anda bacakan, sehingga tidak salah anda menandai setiap kata yang sudah dibaca dengan pensil. Tanda ini juga bisa dijadikan patokan sudah berapa kali kata ini anda bacakan.

Itulah langkah dan cara mengajarkan anak membaca dengan metode Glen Doman.

Baca juga: Rangkaian Ucapan Ulang Tahun untuk Anak Perempuan

Advertisements