Fakta Menarik Tentang Banyuwangi Yang Perlu Kalian KetahuiBerita Terkini 

Fakta Menarik Banyuwangi Yang Perlu Kalian Ketahui

Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur yang terletak di ujung timur pulau Jawa. Banyuwangi juga dijuluki sebagai “The Sunrise of Java” karena Banyuwangi merupakan tempat yang pertama kali merasakan cahaya sunrise di pulau jawa.

Banyuwangi memiliki luas sekitar 5.782,50 km² dan menjadi kabupaten terluas di Jawa Timur bahkan di pula Jawa. Selain itu, Banyuwangi juga dikenal sebagai tempat yang memiliki banyak hal menarik mulai dari lokasi wisata, penduduk, maupun budayanya.

Berikut 5 fakta menarik Banyuwangi yang perlu kalian ketahui:

1. Banyuwangi Memiliki Suku dan Bahasa Sendiri

Walaupun di Banyuwangi terdapat banyak suku seperti suku Madura, suku Bali, suku arab, suku Mandar dan suku Tionghoa. Ternyata Banyuwangi juga memiliki suku asli yaitu suku Osing. Suku osing itu sendiri merupakan sub suku dari suku jawa, mereka menggunakan bahasa osing sebagai bahasa kesehariannya.

Bahasa osing adalah salah satu ragam tertua bahasa jawa. Di Banyuwangi Suku Osing banyak di temukan di kecamatan Kalipuro, Songgon, Rogojampi, Songgon, Kabat, Giri dan Glagah.

2. Banyuwangi Memiliki Pantai Plengkung Yang Mendunia

Pantai Plengkung atau sering juga dijuluki G-Land merupakan pantai yang berlokasi di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai Plengkung sangatlah terkenal di kalangan peselancar dunia dikarenakan ombaknya yang sangat baik.

Bahkan, ombak Pantai Plengkung bisa mencapai ketinggian 6 meter dengan garis ombak yang sangat panjang. Ombak Pantai Plengkung juga mendapatkan gelar ombak terbaik nomor dua di dunia setelah ombak hawai.

3. Banyuwangi Memiliki Tempat Ter-Angker

Di Banyuwangi terdapat tempat terangker di Indonesia yang bernama “Alas Purwo”, banyak masyarakat yang mengatakan bahwa tempat ini banyak di huni oleh hal-hal gaib. Tempat ini juga sering dijadikan sebagai tempat semedi bagi orang-orang yang ingin mendapatkan ilmu hitam.

Walaupun Alas Purwo ini terkenal misterius dan angker namun ternyata hal ini justru menjadi daya tarik bagi banyak orang sehingga banyak yang merasa penasaran dan ngin mengunjungi Alas Purwo untuk uji nyali.

4. Banyuwangi Dijuluki Kota Santet

Santet atau biasa disebut teluh merupakan hal yang sudah menjadi trademark Banyuwangi. Masyarakat Banyuwangi pun sudah sangat terbiasa dengan hal tersebut. Banyuwangi pernah mengalami tragedi di tahun 1998 dimana terjadi pembantaian ratusan orang dukun yang dicurigai menyebarkan santet untuk membunuh orang-orang alim dan masyhur melalui pasukan ‘ninja’.

Dalam tragedi ini banyak yang menjadi korban seperti guru-guru ngaji, imam masjid atau ketua RT ataupun RW. Untungnya saat ini di Banyuwangi hal-hal yang seperti itu sudah mulai memudar dan saat ini Banyuwangi mulai beralih ke kota yang lebih modern.

5. Banyuwangi Memiliki Banyak Gadis Yang Cantik

Banyuwangi terkenal memiliki gadis-gadis yang cantik, terutama gadis-gadis yang merupakan penduduk aslinya yang bernama Osing. Gadis-gadis Banyuwangi juga terkenal memiliki kecantikan yang alami.

Selain itu, gadis Banyuwangi juga sangat menjaga adat mereka seperti tarian-tarian tradisional ataupun lainnya. Di Banyuwangi terdapat acara adat bernama Gandrung yang akan memperlihatkan sekitar ribuan gadis Banyuwangi yang menari di tepi pantai bernama Boom.

Related posts

Leave a Comment