Tips Mudik Aman dan Nyaman Dengan Kendaraan PribadiBerita Terkini 

Tips Mudik Aman dan Nyaman Dengan Kendaraan Pribadi

Mudik memang sudah menjadi budaya bagi orang Indonesia saat lebaran tiba, hal ini tidak lain untuk bersilaturami dan bertemu dengan keluarga tersayang yang mungkin sudah lama tidak berjumpa.

Kebanyakan orang Indonesia lebih menyukai mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi karena lebih nyaman, saat mudik kitapun perlu mempersiapkan barang-barang serta keperluan lainnya untuk pulang kekampung halaman.

Agar perjalanan mudik menjadi aman dan juga nyaman, pada artikel ini saya akan memberikan beberapa tips untuk mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi :

1. Perhatikan kondisi tubuh

Kondisi-tubuh

Kondisi tubuh saat mudik memanglah harus prima, sudah selayaknya hal ini kita perhatikan agar perjalanan mudik menjadi lebih aman dan nyaman karena apabila kondisi tubuh tidak baik namun tetap dipaksakan berkendara maka akan membahayakan diri sendiri.

Sebaiknya pastikan tubuhmu dalam keadaan fit sebelum mudik, selain itu saat diperjalanan merasa ngantuk atau lelah sebaiknya segera beristirahat di rest area agar tidak membahayakan diri serta keluarga kita.

2. Cek kondisi kendaraan

Cek-kendaraan

Hal ini memang wajib untuk dilakukan, sebaiknya sebelum mudik kondisi kendaraan harus dipastikan dalam keadaan baik, hal ini untuk mengantisipasi kendaraan kamu mogok ditengah perjalanan ataupun terjadi kerusakan mesin saat dijalan.

Pengecekan inipun lebih baik dilakukan dengan teliti mulai dari rem, ban, lampu ataupun komponen lainnya yang sangat vital. Bila perlu cek kendaraanmu di bengkel agar lebih aman.

3. Menyiapkan Uang Tunai Yang Cukup

Pastikan-uang-cukup

Uang tunai memang perlu disiapkan dalam perjalanan mudik, hal ini dikarenakan selama perjalanan mungkin kita sulit menemui ATM dan juga mungkin ada beberapa toko yang tidak bisa dibayar menggunakan kartu debit atau kartu kredit.

Sangat disarankan untuk menyiapkan uang tunai yang cukup dan diperkirakan secara terperinci, meskipun ini terbilang sepele namun hal ini dapat membantumu diperjalanan.

4. Bawa barang secukupnya

Bawa-barang-secukupnya

Mungkin saat pulang kekampung halaman kita akan tinggal beberapa hari namun bukan berarti kita juga harus membawa barang sebanyak-banyaknya, hal ini sangat tidak disarankan karena tidak efektif dan dapat menghambat perjalanan.

Membawa barang bawaan yang berlebihan dapat membuat ruang yang tersedia di kendaraan menjadi lebih sempit dan juga bobot yang berat membuat bahan bakar cepat habis. Maka dari itu ada baiknya kita membawa barang-barang secukupnya.

5. Pertimbangkan waktu

waktu

Mempertimbangkan waktu saat mudik merupakan hal yang tidak kalah penting, karena mudik itu biasanya dilaksanakan secara serentak maka akan menyebabkan jalanan menjadi lebih ramai daripada sebelumnya, hal ini menyebabkan kemacetan yang sangat panjang.

Maka dari itu pilihlah waktu yang paling tepat untuk melakukan perjalanan mudik, teruslah pantau berita dari berbagai media untuk mengetahui puncak arus mudik yang akan membuat kamu terjebak. Apabila dimungkinkan lebih baik melakukan perjalanan mudik jauh sebelum hari lebaran agar jalanan tidak terlalu ramai.

Related posts

Leave a Comment