bermain gitar
Advertisements

Memetik gitar

Setelah anda sudah mengenali chord-nya, kamu dapat mulai naik level dengan belajar memetik gitar. Cara bermain gitar guna pemula  yang mesti dipelajari ialah kamu mesti hafal penempatan jari pada masing-masing senar. Pada etape ini anda belajar memakai 5 jari.

Cobalah mulai dengan meletakkan jempol di senar sangat atas guna memetik senar bass nomor 6, 5, atau 4. Kemudian jari telunjuk dipakai untuk senar nomor 3, jari tengah nomor 2, dan jari manis guna senar nomor 1. Dengan teknik ini, pelan-pelan kamu dapat lebih gampang untuk menguasai bagaimana memetik senar gitar. Yang terpenting ialah hafal di mana letak atau posisi jari anda pada senar.

Setiap kunci gitar memiliki teknik sendiri dan menghasilkan nada yang berbeda. Ketika anda memainkan kunci A, maka kamu melulu perlu mengurangi senar A-D-G-B-E unsur bawah. Tentu guna kunci A, AM atau B maka bertolak belakang lagi unsur senar yang ditekan.

cara lebih lihai bermain gitar

Rutin berlatih memainkan kunci-kunci dasar supaya jari makin lihai

Pastikan kamu selalu merasakan getaran di jari. Setelah itu mulailah memainkan kunci dasar. Pilih dari yang menurut anda termudah, contohnya kunci A sebab masih berada dalam 1 ruas yang sama. Jangan asal genjreng saja. Usahakan kamu dapat menghasilkan nada yang merdu dan jernih. Kalau sudah sukses memainkan 1 kunci dengan jernih, anda baru boleh berganti memainkan kunci yang lainnya.

Ulangi langkah-langkah itu untuk memainkan kunci yang lain. Jika sudah dapat semua, tidak boleh langsung buru-buru hendak memainkan lagu. Berlatihlah lagi selama sejumlah waktu supaya anda semakin hafal letak kuncinya dan jarimu semakin lihai dalam memainkannya.

Belajar melodi

Bagi pemula yang sedang berlatih teknik bermain gitar guna pemula, etape ini adalah bagian sangat sulit. Pada etape ini anda mulai belajar melodi dan menyimak not. Berikut ini terdapat 3 tahapan yang dapat kamu kerjakan saat belajar melodi:

Advertisements

1. Cari tahu melodi gitar dengan menyimak tabulasi. Tabulasi ialah proses menanam sebuah data dalam format tabel yang isinya not-not guna memudahkan anda dalam belajar melodi.

2. Pahami scale. Ini ialah cara untuk menggali melodi dalam lagu. Kalau anda sudah paham mengenai scale, kamu akan mudah memprediksi melodi pada lagu. Scale yang sangat umum dan gampang dipahami ialah pentatonic scale.

3. Kalau anda sudah mengenali tabulasi dan scale, etape terakhir teknik bermain gitar guna pemula ialah belajar berimprovisasi. Cara ini memerlukan feeling yang bagus, pendengaran, dan insting yang powerful dalam menilai nada. Kamu dapat melatihkan dengan mendengar suatu lagu, lantas menyusun nada yang cocok dengan alur dalam satu melodi.

Tahap ini memang lebih rumit dari tahapan sebelumnya. Proses terpenting dalam belajar melodi ialah feeling, skill, dan improvisasi dalam menghubungkan not demi not. Sehingga dengan teknik itu, kamu dapat menciptakan harmoni yang indah.

Memilih 1 lagu dengan kunci dasar

Setelah mahir memainkan kunci dasar maka teknik bermain gitar guna pemula selanjutnya ialah memilih satu lagu dengan kunci dasar. Pilih dulu lagu yang gampang dengan kunci-kunci dasar agar jarimu lebih terbiasa. Dengan memilih satu lagu utuh maka jari-jari bakal terlatih guna bergerak dari satu kunci ke kunci lainnya.

Advertisements