Advertisements

Lirik lagu ialah suatu ilham dari dalam diri anda yang anda tuangkan ke dalam format tulisan, yang berisikan tidak sedikit sekali makna. dengan lagu kita bisa membuat hati tenang, bahagia , bahkan sedih. Lirik ialah cara Anda mengucapkan pesan dalam lagu Anda, melewati rangkaian cerita. Cerita tersebut yang ingin ditelusuri oleh pendengar dalam lagu Anda, mereka hendak merasakan emosinya.

Walau kadang dapat terasa susah, menciptakan lirik sangat mudah. Yang tidak mudah ialah membuat lirik yang pas di hati semua pendengar Anda. Berikut ialah beberapa tips teknik membuat lirik lagu :

1. Pilihlah Tema Lagu

Langkah kesatu selalu dibuka dari tema, atau gagasan, atau konsep. Semakin matang konsep yang kita ramu di awal, semakin bernyawa lagu kita jadinya di akhir.

Disini saya sarankan: berusahalah out of the box. Banyak sekali tema yang dapat digali selain tema cinta. Kalaupun kita akan menciptakan tema cinta, jajaki sudut pandang yang bertolak belakang dari umumnya.

2. Buatlah Kerangka Cerita

Kalau kita melewatkan tahapan ini, lagu Anda dapat terdengar monoton atau menjemukan atau biasa-biasa saja. Akibatnya, barangkali ada yang mendengarnya dan suka, namun tidak sampai melakukan pembelian atau menjadi peminat Anda.

Membuat kerangka kisah sama seperti membina fondasi dan pilar suatu rumah. Kerangka berikut yang akan menyokong tema utama Anda. Lagu yang terdapat kerangka ceritanya, bakal mempunyai identitas yang kuat.

Advertisements

3. Buat judul yang khas

Dari kerangka ceritanya, Anda dapat menilai judul. Jangan kita anggap remeh judul lagu, sebab judul memegang peranan yang paling penting.

Judul lagu ialah hal kesatu dimana Anda dapat memperlihatkan bahwa karya Anda lain dari yang lain. Saat pembuat lagu yang lain memakai judul yang “pasaran”, Anda hadir dengan judul yang khas sampai-sampai langsung menarik perhatian calon pendengar.

4. Tulis Lirik kita (pilih kosakatanya)

Anda telah punya tema, Anda telah bangun kerangka ceritanya, Anda pun sudah punya judul khas.

Sekarang saatnya kita tulis lirik lagu Anda. Disinilah kreativitas kita berperan. Disinilah kita menunjukkan mengapa Anda lain dari pembuat-pembuat lagu yang lain.

Ada sekian banyak  teknik yang dapat dilakukan untuk menciptakan lirik. Salah satu teknik terfavorit ialah menggunakan mind map. Mind map ini paling efektif, sebab melatih untuk berpikiran luas ketika mencari ucapan-ucapan yang tepat.

Advertisements