3-Cara-Mudah-dah-Praktis-Untuk-Menghitung-Berat-Badan-IdealGeneral 

3 Cara Mudah Dan Praktis Menghitung Berat Badan Ideal

Menjadi dambaan setiap orang untuk memiliki tubuh dan berat badan ideal. Berat badan ideal pada setiap orang berbeda beda tergantung pada sejumlah faktor seperti tinggi badan, massa otot, usia, jenis kelamin, serta distribusi lemak tubuh. 

Berat badan berlebih atau obesitas merupakan sumber dari munculnya berbagai macam penyakit berbahaya, bahkan bisa mengancam jiwa. Oleh karena itu sangat penting untuk kamu selalu rutin mengontrol berat tubuh. Dengan mengendalikan berat badan, maka kamu bisa memiliki tubuh yang ideal dan sehat. Jika badanmu telah ideal, maka kemungkinan besarnya akan terhindari dari masalah kesehatan yang umumnya diderita orang orang bertubuh gemuk. MIisalnya diabetes, penyakit jantung, kolesterol, dan lainnya. 

Sebenarnya untuk mengontrol berat badan itu tidak sulit, karena adanya cara mudah dan praktis untuk tau ideal berat badan yang bisa kamu ikuti. Berikut dibawah ini 3 cara mudah dan praktis menghitung berat badan ideal, diantaranya yaitu : 

3 Cara Mudah dan Praktis menghitungkan berat badan ideal.

1.Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Kalkulator BMI

Body Mass Index (BMI) atau Indeks Masa Tubuh (IMT) merupakan cara mudah dan praktis menghitung berat badan ideal berdasarkan berat badan serta tinggi badan. Cara menghitungnya adalah berat badan harus dalam satuan kilogram serta tinggi badan dalam satuan meter kuadrat. 

Contoh :

  • Berat badan kamu 70 kilogram (Kg) dan tinggi 160 centimeter (cm) atau 1,60 meter (m). Kalikan tinggi badanmu dalam kuadrat : 1,60 x 1,60 = 23,4.
  • Kemudian, bagi angka berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan : 70/2,56 = 23.4.
  • Hasilnya, BMI kamu 23,4. Jika dilihat berdasarkan standar World Health Organization (WHO), kamu termasuk normal. 

Kategori BMI :

  • < 18,5 = Berat badan kurang
  • 18,5 – 24,9 = Berat badan normal
  • 25 – 29,9 = Berat badan berlebih
  • > 30 = Obesitas 

Baca juga : Wajib Baca! Bahan Alami ini Ampuh Hilangkan Stretchmark di Perut!

2. Menghitung Berat Badan Dengan Rumus Broca

Dr. Pierre Paul Broca menemukan rumus Broca pada tahun 1871, lalu dipopulerkan Dr. BJ Devine pada tahun 1970-an. Penggunaan rumus Broca pada wanita berbeda dengan pria. Berikut rumusnya :

  • Rumus Broca Untuk Perempuan

Cara menghitung berat badan ideal untuk perempuan dengan menggunakan rumus Broca adalah {(Tinggi Badan – 100) – (15 % x (Tinggi Badan – 100)}.

  • Rumus Broca Untuk Laki Laki

Cara menghitung berat badan ideal laki laki dengan menggunkan rumus Broca adalah {(Berat badan – 100) – (10 % x (tinggi badan – 100)}.

3. Menghitung Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Untuk menghitung berat badan ideal ibu hamil itu caranya berbeda. Karena harus mempertimbangkan lamanya usia kehamilan serta berat badan normal janin didalam kandungan. 

Rumus menghitung ideal ibu hamil adalah :

Berat badan ideal ibu hamil = Berat badan ideal + {Usia kehamilan (dalam minggu) x 0,35}

Contohnya :

Usia kehamilan Ani telah memasuki minggu yang ke-20. Berat badan ideal Ani setelah dihitung menggunakan rumus Broca adalah 51 Kg. Maka berat badan Ani di minggu ke-20 kehamilannya adalah :

Berat badan ideal = 51 + (20 x 0,35) = 58 Kg

Dengan berbekal beberapa rumus menghitung berat badan ideal diatas, ayo ambil segera kalkulator lalu cari tahu langsung berapa berat ideal badan kamu. Hal tersebut sangat bermanfaat, sehingga kamu bisa mengatur pola makan untuk bisa mendapatkan berat badan ideal. Terapkan juga pola hidup sehat mulai saat ini !

Baca juga : TANDA-TANDA AWAL KEHAMILAN DAN PERBEDAANNYA DENGAN TANDA MENSTRUASI

Related posts

Leave a Comment