Cara-bayar-pajak-secara-onlineGeneral 

Persiapan dan Cara Lapor SPT Tahunan Online

Zonaberita.net – Setiap wajib pajak orang pribadi memiliki kewajiban untuk melaporkan pajaknya. Ada beberapa cara lapor SPT tahunan yang bisa Anda sesuaikan dengan kondisi Anda.

Di era kemajuan teknologi komunikasi dan masyarakat yang padat aktivitas, lapor SPT tahunan secara online bisa menjadi solusi.

Lalu, bagaimana cara untuk melakukan pelaporan SPT tahunan secara online?

Persiapan Lapor SPT Tahunan

Sebelum membuat laporan SPT Tahunan, Anda perlu mempersiapkan dulu dokumen yang dibutuhkan. Ada dua jenis SPT yang perlu Anda ketahui. Yaitu Formulir 1770 S dan 1770 SS.

Formulir 1770 S digunakan oleh Wajib Pajak Orang Pribadi yang sumber penghasilannya dari satu atau lebih pemberi kerja dan bukan dari kegiatan usaha atau pekerjaan bebas.

Sedangkan 1770 SS digunakan oleh Wajib Pajak Orang Pribadi yang penghasilan kotornya tidak lebih dari 60 juta Rupiah dalam satu tahun. Misalnya seperti karyawan swasta atau PNS.

Sebelum mengisi formulir tersebut, Anda juga harus memastikan bahwa Anda sudah mendapatkan bukti potong pajak dari perusahaan tempat Anda bekerja.

Anda bisa meminta bukti potong pajak ini kepada bendahara perusahaan Anda.

Ada dua bukti potong pajak yang berbeda yang bisa Anda minta. Yaitu bukti potong pajak A1 untuk formulir 1770 S dan bukti potong pajak A2 untuk formulir 1770 SS.

Baca juga: Ucapan Ulang Tahun Untuk Pacar Untuk Moment Yang Berharga

Buat e-FIN dan Akun DJP Online

Pastikan Anda sudah memiliki e-FIN dan akun DJP online agar bisa melakukan pelaporan pajak secara online.

Jika belum punya, Anda bisa meminta pembuatan e-FIN di KPP atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP).

Begitu juga jika Anda lupa atau tidak menyimpan e-FIN Anda, Anda bisa memintanya kembali ke KPP terdekat.

Untuk mengaktifkan e-FIN, Anda perlu menyiapkan beberapa kelengkapan. Yaitu KTP atau paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) bagi WNA, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan Surat Keterangan Terdaftar (SKT).

Lalu, setelah Anda mendapatkan e-FIN, Anda bisa melakukan pendaftaran akun di situs djponline.pajak.go.id. Jangan lupa untuk mengisi NPWP, e-FIN, dan kode keamanan, lalu klik verifikasi.

Selanjutnya, Anda akan mendapatkan email verifikasi, dan link verifikasi lewat email. Klik link tersebut, kemudian login kembali dengan NPWP dan password yang sudah Anda dapatkan.

Lapor SPT Tahunan Online

Setelah semua proses selesai, Anda bisa mulai melakukan lapor SPT tahunan secara online. Mulai dengan login kea kun DJP online, lalu pilih e-Filling dan Buat SPT.

Kemudian, Anda perlu mengisi beberapa pertanyaan, lalu klik SPT 1770 sesuai dengan kondisi Anda dan ikuti langkah – langkah isian yang muncul.

Setelah seluruh form terisi, Anda akan sampai di bagian pertanyaan. Klik “Setuju” dan lanjutkan ke proses berikutnya.

Kemudian Anda akan menerima ringkasan SPT Anda dan pengambilan kode verifikasi. Kode verifikasi ini akan dikirimkan ke email atau nomor handphone.

Masukkan kode verifikasi di kolom “Kode verifikasi”, klik “Kirim SPT”. Sampai sini proses Anda sudah selesai dan SPT Anda sudah terkirim.

Terakhir cek email Anda dan Anda akan mendapatkan Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) SPT Tahunan PPh yang dikirimkan lewat email.

Nah, itulah cara lapor SPT Tahunan online yang tinggal Anda ikuti setiap langkahnya. Supaya proses pelaporan SPT tahunan ini berlangsung lancar, pastikan koneksi internet Anda stabil.

Jika tidak stabil, ada kemungkinan proses lapor SPT tahunan Anda bisa error di tengah jalan.

Baca juga: Inilah Top Rank Influencer Marketing Agency Di Indonesia Pada Tahun 2019

Related posts

Leave a Comment