Kebiasaan Buruk Yang Tidak Baik Bagi Kesehatan Saat PuasaKesehatan 

5 Kebiasaan Buruk Saat Puasa yang Tidak Baik Bagi Kesehatan

Di bulan ramadhan, bagi orang yang beragama Islam akan menjalankan ibadah puasa selama kurang lebih satu bulan lamanya. Oleh karena itu akan terjadi beberapa perubahan pola makan dan juga beberapa kebiasaan baru yang dilakukan.

Sayangnya, terdapat beberapa kebiasaan buruk yang justru dapat mengancam kesehatan tubuh saat puasa contohnya adalah saat berbuka puasa biasanya akan mengkonsumsi berbagai makanan yang terlalu manis dan berlebihan yang ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga : Hidangan Sahur yang Kurang Tepat untuk Dikonsumsi

Berikut adalah 5 kebiasaan buruk saat puasa yang tidak baik bagi kesehatan:

1. Mengkonsumsi makanan terlalu manis untuk berbuka

Makan-terlalu-manis

Memang benar mengkonsumsi makanan yang manis untuk berbuka puasa merupakan hal yang wajar, hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan asupan gula untuk mengembalikan energi tubuh yang terkuras selama berpuasa.

Namun sebaiknya mengkonsumsi makanan yang manis tidak terlalu berlebihan karena justru gula yang berlebihan dapat menyebabkan kantuk yang mengganggu aktivitas, selain itu gula yang berlebihan juga akan mengancam tubuh untuk terkena diabetes.

2. Lekas tidur setelah sahur

tidur-setelah-sahur

Sering kali kita merasa sangat ngantuk saat sahur, belum lagi kita harus menghabiskan makanan untuk bekal berpuasa sampai adzan maghrib. Terkadang hal ini membuat kita malas – malasan dan segera melanjutkan tidur saat selesai sahur.

Namun sayangnya hal ini tidak baik karena dapat menyebabkan asam lambung naik dan muncul masalah pada saluran cerna atas. Baiknya setelah selesai sahur jangan langsung tidur namun tunggulah 2 sampai 3 jam setelah makan agar apa yang dikonsumsi dapat dicerna dengan baik

3. Minum berlebihan

Minum-terlalu-banyak

Minum air saat sahur itu memang diperlukan karena dapat mencegah tubuh dehidrasi saat berpuasa, namun minum berlebihan saat sahur justru akan membuat kesehatan tubuh menjadi buruk.

Saat kita terlalu banyak minum air saat sahur, setelahnya kita akan sering ke toilet untuk buang air kecil sehigga hal ini justru akan membuat seseorang akan lebih cepat haus. Maka dari itu disarankan untuk minum air yang banyak saat buka puasa hingga menjelang sahur.

4. Merokok saat buka puasa

Merokok-saat-buka-puasa

Kandungan yang terdapat dalam rokok yaitu tar dapat membuat darah dalam tubuh menjadi kental, selain itu zat ini menempel di dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan seseorang yang berpuasa kekurangan cairan.

Selain itu merokok saat buka puasa juga membuat ginjal bekerja lebih keras, oleh karena itu ada baiknya hindari rokok saat berpuasa agar tubuh kita tetap sehat. Lebih baik lagi apabila berhenti merokok untuk seterusnya dan memulai pola hidup yang lebih sehat.

5. Olahraga setelah berbuka

olahraga-setelah-buka

Memang olahraga merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar namun kebanyakan orang saat puasa jusru merubah waktu olahraga setelah buka puasa. Namun hal ini kurang tepat karena dapat membahayakan pencernaan.

Apabila ingin berolahraga disarankan melakukan olahraga ringan sebelum berbuka puasa ataupun juga bisa dengan berolahraga setidaknya 2 jam setelah berbuka puasa. Dengan begini tubuh dapat mencerna makanan dengan baik.

Related posts

Leave a Comment