asma
Advertisements

Asma atau gangguan peradangan pada saluran pernafasan ditandai dengan adanya beberapa gejala seperti kesulitan bernafas, dan nafas yang berbunyi tak wajar.

Gangguan ini dapat terjadi pada siapa saja tanpa mengenal batasan usia, baik pada anak-anak maupun kalangan orang dewasa. Penyakit asma ini biasanya disebabkan oleh faktor genetika atau keturunan.

Selain itu, penyakit asma juga bisa disebabkan karena faktor lingkungan. Para penderita asma biasanya akan menghirup inhaler, yang bertujuan untuk mengurangi gejala asma.

Akan tetapi, penggunaan inhaler yang secara terus menerus ini juga dapat memberikan dampak yang buruk ke depannya lho! Lantas, apa yang harus kita lakukan? Tanpa banyak panjang lebar lagi, inilah 5 tips simple untuk mengobati asma secara alami :

1. Menggunakan Madu

Tips pertama yang harus kamu lakukan untuk mengobati asma secara alami, yakni dengan menggunakan madu. Berdasarkan dari hasil penelitian, madu ini dipercaya dapat mengencerkan lendir yang menghambat saluran pernafasan, yang kemudian bisa dikeluarkan dengan mudah.

Dalam hal ini, kamu bisa mengonsumsi madu tersebut yang disertai dengan segelas air putih hangat. Ya, usahakan untuk minum air dingin, dikarenakan hal itu bisa memperburuk kondisi pernafasan. Selain itu, hindari pula penggunaan air panas dikarenakan dapat merusak kandungan nutrisi pada madunya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menambahkan bubuk kunyit sebanyak ¼ sendok teh atau bubuk kayu manis sebanyak ½ sendok teh. Mengenai caranya, masukkan bubuk kayu manis atau bubuk kunyit kedalam gelas, tambahkan madu, lalu seduh dengan air hangat. Jika sudah demikian, silahkan minum ramuan tersebut sampai habis.

Advertisements

2. Menggunakan Jahe

Selain madu, kamu juga bisa menggunakan jahe untuk mengobati asma secara alami.

Berdasarkan dari hasil penelitian, jahe ini mampu membantu mengatasi peradangan pada saluran pernafasan. Kita langsung saja ke cara pengobatannya, siapkan 1 batang jahe, geprek-geprek, masukkan kedalam gelas, lalu tambahkan dengan 1 sachet madu.

Selanjutnya seduh dengan air yang hangat, kemudian minumlah sampai habis. Tak hanya itu, ramuan jahe ini juga dapat mengencerkan dahak dan menghangatkan tubuh.

3. Meminum Kopi

Tips berikutnya yang bisa kamu coba untuk mengobati asma secara alami, yakni dengan meminum kopi. Menurut para pakar kesehatan, kandungan zat kafein pada kopi ini dipercaya mampu mengobati gangguan pernafasan dengan cara membersihkan saluran hidung, sehingga penderita asma bisa bernafas kembali dengan normal.

Dalam hal ini, kamu dianjurkan untuk meminum kopi hitam sebanyak 3 gelas per harinya. Pasalnya, zat kafein pada kopi hitam ini jauh lebih tinggi ketimbang jenis kopi lainnya.

Itulah beberapa tips simple yang ampuh untuk mengobati penyakit asma secara alami, yang tentu saja harus kamu coba.

Advertisements