tips-mendidik-anak-laki-laki-berdasarkan-ajaran-agama-islamParenting 

Tips Mendidik Anak Laki-Laki Sesuai Ajaran Agama Islam

ZonaBerita.net – Mendidik seorang anak laki-laki pastinya memiliki tantangan tersendiri. Oleh karena itu kali ini kami akan membahas tentang cara mendidik anak laki-laki dalam agama Islam. Walaupun ibu yang melahirkan dan menyusui anak, namun menurut ajaran Islam, seorang ayah memiliki kedudukan yang penting dan mulia untuk mendidik anak-anaknya. 

Karena ayah ini merupakan kepala keluarga yang memimpin istri, dan anak-anaknya. Selain itu, ayah juga bertanggung jawab terhadap mereka dan akan dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah subhana wa ta’ala sebagaimana sabda Rasulullah berikut ini:

“Setiap kamu adalah pemimpin dan setiap kamu akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang kamu pimpin. Seorang suami (ayah) adalah pemimpin bagi anggota keluarganya dan ia akan diminta pertanggungjawabannya terhadap apa saja yang telah dipimpinnya atas mereka.” (HR. Muslim). 

Jadi, ayah ini memikul beban yang cukup berat sebagai pembentuk generasi Islam yang sholeh. Ketika memiliki seorang anak, maka sang ayah harus mendidik anaknya sejak lahir hingga dewasa. Berikut ini cara mendidik anak laki-laki menurut ajaran Islam:

1. Memberikan Pendidikan yang Islami

Hal utama yang bisa dilakukan orangtua adalah dengan menciptakan suasana Islami melalui pendidikan yang Islami untuknya. Seorang anak tidak akan tahu bagaimana dirinya bisa menjadi anak yang soleh, ketika orangtuanya itu tidak mengajarkan sebuah pendidikan untuk anak ini bisa menajdi soleh.  Ajarkanlah ilmu agama pada anak Anda sejak dini. Bahkan saat usianya masih balita, orang tua harus mulai menanamkan nilai-nilai agama. Misalnya mulai mengajari anak membaca Al-Qur’an, selain itu Anda juga bisa menyekolahkan anak di TPQ maupun PAUD ketika usianya sudah menginjak 2-3 tahun. Sedangkan untuk sholat atau puasa, walaupun kewajibannya dilakukan saat anak baligh, namun alangkah baiknya jika sudah diajarkan sejak dini. Selain itu, anda juga bisa mengajarkan anak tentang cara berwudhu, cara sholat dan bacaannya. Sedangkan untuk berpuasa, anak bisa berpuasa secara bertahap, berpuasa sekuatnya atau setengah hari terlebih dahulu.

2. Mengajaknya ke Pergaulan yang Islami

Suasana islami juga bisa diciptakan orang tua dengan mengajak anaknya itu ke sebuah pergaulan yang islami. Ketika anaknya ini mengenal pergaulan yang islami, maka anak ini akan mengetahui perilaku orang orang yang soleh. Sehingga ini akan menjadi contoh anak di dalam berperilaku menjadi anak yang soleh. 

Baca juga: Bro, Pahami Batasan Aurat Laki-laki yang Harus Selalu Kamu Jaga

3. Mendidik Anak Agar Selalu Membawa Peralatan Solat

Dengan mendidik anak agar selalu membawa peralatan solat (sarung, sajadah, dan peci) kemanapun anak ini akan pergi,merupakan salah satu cara untuk mengingatkan anak akan kewajibannya sebagai umat muslim. Sehingga ketika anak ini membawa dan melihat peralatan solatnya, maka anak ini akan langsung teringat dengan kewajibannya. Memang salah satu kewajiban sebagai orang tua terhadap anak adalah menanamkan ajaran agama sejak dini. Sehingga dengan demikian sang anak nantinya sudah memiliki saringan /filterisasi untuk membedakan mana sesuatu yang baik dan yang tidak baik, atau bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

4. Orang Tua Harus Menjadi Contoh yang Baik

Ketika orang tua menginginkan anaknya menjadi soleh, maka orangtua inilah harus mempunyai sikap yang soleh juga. Seorang anak ini sifatnya menuruti apa yang sering dia lihat lalu akan menirunya. Contohnya, jika orang tuanya sering solat dan mengaji, maka anaknya ini akan melihat apa yang orang tuanya itu lakukan dan kemudian akan menirunya. 

Itulah beberapa tips dari kami untuk Anda yang ingin mendidik anaknya dengan ajaran yang berlandaskan agama Islam. Namun kembali lagi, dalam proses mendidik tersebut tidak ada yang instan. Anda harus bersabar dan mengasihi anak Anda dengan sepenuh hati.

Apabila Anda menantikan kelahiran sang buah hati dan telah mengetahui jenis kelaminnya, selain mempelajari tentang bagaimana membesarkan seorang anak laki-laki yang bertanggung jawab dan juga taat kepada agama, hal penting yang harus Anda persiapkan adalah nama anak laki-laki islam yang memiliki arti mendalam dimana terdapat do’a Anda di dalamnya. Semoga harapan agar anak laki-laki Anda tumbuh menjadi sosok yang sesuai dengan ajaran agama Islam terkabul nantinya.

Baca juga: Referensi Nama Bayi Perempuan Jawa Islami yang Bermakna

Related posts

Leave a Comment