doa-yang-benar-untuk-pengantinRelationship 

Doa Yang Baik Dan Sesuai Tuntunan Untuk Pengantin Baru

Pernikahan merupakan sebuah ibadah yang sakral dalam agama apapun. Dalam agama Islam sendiri, pernikahan digambarkan dengan kata mitsaqon ghalizha yang berarti janji sangat agung. Pernikahan merupakan ikatan lahir batin antara seorang laki laki dan perempuan sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga yang sakinah, mawadah, serta warohmah dan dihadiri oleh wali dan saksi nikah yang memanjatkan doa untuk pengantin baru tersebutr. Menikah juga menjadi fitrah bagi seorang laki laki dan perempuan sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. Untuk menjalani kehidupan berumah tangga berdasarkan tuntunan ajaran Islam. 
Dengan melakukan sebuah pernikahan maka akan menjadi halalnya hubungan badaniyah sebagaimana suami istri yang sah serta mengandung syarat syarat dan rukun yang telah ditentukan dalam syariat ajaran Islam. Menikah juga menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia serta bermanfaat bagi kemaslahatan umum. 

Karena dengan menikah seorang laki laki dan perempuan bisa mengatur rumah tangganya dengan dengan baik serta nasib anak anaknya juga harus diperhatikan penuh. Oleh karena itu agama Islam memerintahkan umatnya untuk menikah. 

Pastinya tujuan pernikahan untuk membina keluarga serta mendapatkan keturunan yang sah sesuai dengan norma agama dan masyarakat. Menikah juga untuk mendapatkan kebahagian di dunia dan diakhirat. Dengan menikah juga akan terbentenginya diri kita dari perbuatan maksiat, mendapatkan rasa kasih sayang antar sesama serta mengikuti sunnah Rasul. Tali persaudaraan juga akan meluas saat menikah karena bersatunya keluarga dari pihak laki laki dengan keluarga dari pihak perempuan. Orang yang telah berkeluarga juga akan dilipatgandakan pahala amalannya jika dibandingkan dengan mereka yang belum menikah. 

Supaya terwujudnya tujuan tersebut oleh orang yang baru menikah atau pengantin baru. Selain memberi ucapan selamat kepada kedua mempelai, sebaiknya juga kamu sebagai keluarga, kerabat, saudara, dan teman saat menghadiri undangan sebuah pernikahan memberikan doa yang terbaik untuk kedua mempelai. 

Baca Juga : Doa Paling Sempurna Untuk Pengantin Baru

Doa yang Baik Untuk Pengantin Baru

Umumnya diantara kita kemungkinannya sudah banyak yang memberikan ucapan untuk pengantin baru dengan menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Tetapi sayang belum menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang Indonesia untuk mendoakan pengantin baru dengan doa yang telah dianjurkan Rasulullah SAW. Dahulu juga di lingkungan Rasulullah SAW, masih adanya doa yang baik tetapi dianjurkan serta diucapkan bagi pengantin baru. Doa tersebut adalah “Semoga bahagia dan banyak anak.” Ternyata Rasulullah SAW tidak menyetujui doa tersebut. Lalu memberikan doa yang lebih baik untuk pengantin baru. 

Berikut dibawah ini doa untuk orang yang baru menikah atau pengantin baru yang singkat tapi penuh makna sesuai dengan ajaran Rasul. 

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ

Barakallahu laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fiil Khairin

Artinya : “Mudah mudahan Allah memberkahimu, baik ketika senang maupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.” (HR. Abu Dawud). 

Doa untuk pengantin baru diatas merupakan doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW kepada kita selaku umat Islam. Memang sebaik baiknya doa adalah yang diajarkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang bisa diikuti melalui para ulama. 

Maksud doa tersebut supaya kedua mempelai saat menjalani kehidupan berumah tangga nanti mendapatkan keberkahan baik dalam keadaan susah ataupun senang serta selalu dijalan kebaikan. Mengapa berkah? Pasalnya berkah itu berarti  tetap berada pada jalur yang benar apapun keadaannya. Berkah itu bukan tentang susah dan senangnya, tetapi tentang sabar dan syukurnya. Bukan tentang miskin atau kayanya, tetapi tentang jihad dan shadaqahnya. 

Baca Juga : KATA-KATA BIJAK TENTANG CINTA YANG ROMANTIS

Related posts

Leave a Comment