Advertisements

Orang Terkaya di Indonesia, Low Tuck Kwong dan Sumber Kekayaan Low Tuck Kwong

Sumber: Berita Nusantara

Low Tuck Kwong dikenal sebagai orang terkaya di Indonesia. Dia lahir pada 17 April 1958 di Singapura, artinya saat ini usianya menuju ke 75 tahun di 2023 ini. Kemudian Ayahnya bernama David Low Nyi Ngo, seorang direktur dan pemilik perusahaan konstruksi di negeri singa.

Sewaktu muda, tepatnya ketika dia berusia 20 tahun, Low Tuck Kwong pernah bekerja untuk perusahaan konstruksi ayahnya di Singapura, setelah itu di tahun 1972, dia memutuskan untuk merantau ke Indonesia demi mendapatkan peluang dan kesempatan yang jauh lebih besar.

Di kutip dari data Forbes Realtime Billionaire, kekayaan Low Tuck Kwong akhir tahun lalu – 26 Desember 2022 – mencapai US$ 25,2 miliar atau setara dengan Rp 378 triliun (asumsi kurs Rp 15.000/US$). Sementara itu kekayaan Robert Budi dan Michael Bambang Hartono masing-masing tercatat sebesar US$ 22,1 miliar dan US$ 21,3 miliar, kala itu.

Dengan kekayaannya tersebut, tentunya Low Tuck Kwong memiliki banyak sekali perusahaan besar di tungganginya. Nah, dibawah ini ada beberapa penjelasan mengenai sumber kekayaan Low Tuck Kwong. Berikut rangkumannya.

1. Bayan Resource.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Bayan Resources Tbk (31-Mei-2022), yaitu: Dato’ DR. Low Tuck Kwong (pengendali) (61,18%) dan PT Sumber Suryadaya Prima (10,00%).

Pemilik manfaat akhir (ultimate beneficial owner) dari kepemilikan saham Bayan Resources Tbk adalah Dato’ DR. Low Tuck Kwong.

BYAN bergerak di bidang aktivitas perusahaan holding, perdagangan besar, jasa pertambangan dan penggalian, dan pengangkutan dan pergudangan. Kegiatan utama Bayan adalah bergerak dalam usaha perdagangan dan jasa, khususnya perdagangan batubara, baik domestik maupun internasional.

2. Metis Energy.

Sumber: Metys Energy

Sumber kekayaan Low Tuck Kwong lainnya adalah melalui perusahaan miliknya di Singapura Metis Energy Ltd bakal ekspansi secara agresif di sektor energi terbarukan. Ekspansi akan fokus di pasar utama seperti Australia, Filipina, Vietnam, hingga Bangladesh.

Advertisements

Low Tuck Kwong diketahui menjadi pengendali Metis Energy. Berdasarkan laporan tahunan 2021, KaiYi Investment mendekap 33,97 persen saham Metis Energy.

Adapun Low Tuck Kwong menggenggam 10,46 persen saham KaiYi. Sedangkan berdasarkan data marketscreener yang diakses Senin (30/1/2023), selain KaiYi Investment, sebanyak 27,7 persen saham Metis Energy juga dikendalikan oleh Energy Resources Investment Pte Ltd, dan Low Tuck Kwong mengantongi 18,4 persen saham

3. The Farrer Park Company.

Selain dari BYAN, kekayaan Low Tuck Kwong juga berasal dari The Farrer Park company. Dilansir dari laman Forbes, Low Tuck Kwong tercatat sebagai pemilik dari perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan serta kelompok spesialis medis yang berbasis di Singapura ini.

Ia menjalankan bisnis ini dengan bekerja sama dengan sejumlah investor asing. Adapun saat ini, The Farrer Park Company dikelola oleh putrinya yakni Elaine Low yang saat ini berada dalam jajaran direksi

4. Samindo Resource.

Kekayaan Low Tuck Kwong selanjutnya dari Samindo Resource. kegiatan usaha utama Samindo adalah sebagai perusahaan investasi. Kemudian melalui anak usaha Samindo menjalankan usaha, yang meliputi, jasa pemindahan lahan penutup, jasa produksi batubara, jasa pengangkutan batubara dan jasa pengeboran batubara.

5. Voksel Electric.

Sumber: Media Asuransi

Kekayaan Low Tuck Kwong yang terakhir berasal dari Voksel Electric. Voksel Electric adalah perusahaan yang berfokus dalam pembuatan produksi kabel dan kawat listrik berbagai tegangan di Indonesia.

Sebagai informasi, Low Tuck Kwong juga mendukung SEAX Global, yang membangun sistem kabel bawah laut untuk konektivitas internet yang menghubungkan Singapura, Indonesia, dan Malaysia.

Baca juga: 7 Rekomendasi Film netflix terbaru 2021

Advertisements