Advertisements

Berbagai Macam Pukulan Bulu Tangkis yang Wajib Anda Tahu, Simak di Sini!

Sumber: Okezone Sports

Seperti yang kita ketahui bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia dan dari cabang olahraga satu inilah, kita memiliki banyak atlet berbakat yang telah memenangkan berbagai macam pedali dalam berbagai macam pertandingan. Katakanlah nama-nama beken seperti Susi Susanti dan Alan budikusuma di masa lampau, selalu ada generasi Taufik Hidayat hingga generasi terbaru ini yaitu Greysia poli yang baru saja memenangkan medali emas.

Bulutangkis merupakan olahraga dalam bentuk permainan di mana biasanya dua tim berhadapan dalam satu lapangan. Olahraga permainan bulutangkis sendiri biasanya dilakukan dalam berbagai nomor pertandingan dari nomor tunggal, nomor ganda putra, nomor ganda putri, hingga nomor ganda campuran.

Untuk Anda yang tertarik untuk menggeluti bidang olahraga bulutangkis atau ingin mengajarkan tentang bulu tangkis kepada anak-anak sejak dini, berikut ini berbagai pukulan dasar dalam bulu tangkis yang mungkin wajib Anda tahu.

Smash

Sumber: NYSN Media

Sebelumnya kita sudah membahas tentang pukulan-pukulan dasar dalam bulu tangkis lainnya mulai dari servis, lob, drive hingga dropshot dalam berbagai macam pukulan, olahraga bulutangkis bagian satu, pukulan selanjutnya dari olahraga menyenangkan ini adalah smash. 

Jenis pukulan satu ini memang merupakan pukulan yang sangat dinanti-nantikan penonton ketika menyaksikan perjalanan pertandingan bulutangkis yang mendebarkan karena Smash sangat mungkin mencetak poin bagi tim yang melakukannya. Smash sendiri merupakan pukulan yang dilakukan dengan cepat dan keras, malam ini akan berbentuk tajam yang menyasar area lawan.

Pada dasarnya pukulan smash ini memiliki kesamaan dengan pukulan yang telah kita bahas sebelumnya yaitu pukulan lob. Perbedaannya adalah jika pada pukulan lob, pemain akan memukul shuttlecock ke arah atas, sementara untuk pukulan smash ini shuttlecock akan dipukul dengan cepat dan keras secara tajam hingga menukik ke area lawan dengan tujuan menyerang. Pukulan smash ini memerlukan latihan khusus yang cukup banyak agar didapatkan pukulan yang kencang serta akurat. Beberapa jenis Smash yang biasa dilakukan pemain pada pertandingan mulai dari smash potong, backhand Smash, return Smash, hingga around the head Smash.

Forehand

Sumber: Kompas.com

Pada artikel sebelumnya kita sudah sering menyebutkan tentang teknik pukulan satu ini di mana forehand didapatkan dengan cara cara mendaftarkan bola menuju titik terjauh dalam garis permainan lawan. Teknik forehand ini sangat membutuhkan pukulan yang kencang dan juga dilakukan pada garis belakang yang biasanya di dinamakan dengan clear shot. Umumnya gerakan forehand ini dilakukan pemain demi bisa memperoleh kesempatan untuk menyerang lawan dan membangun strategi

Advertisements

Baca juga: BERITA OLAHRAGA DAERAH KALTIM

Back hand

Sumber: Kompas.com

Meski ketika diperlihatkan pemain teknik back hand ini terlihat begitu keren dan mengagumkan. Pada dasarnya back hand merupakan salah satu pukulan dalam bulu tangkis yang memerlukan teknik khusus dan agak sulit dilakukan. Hal ini dikarenakan back hand memerlukan kerjasama yang tepat dan cepat antara langkah kaki bagian lengan hingga bahu.

Pemain yang hendak melakukan back hand harus bisa memutar tubuh bagian atasnya dan dalam waktu bersamaan tangan yang sedang memegang raket berada pada posisi yang sangat dekat dengan bahu.

Netting

Sumber: Kompas.com

Jenis pukulan dalam olahraga bulutangkis yang terakhir ini tentu sudah bisa anda tebak maknanya di mana netting sendiri memiliki tujuan agar bisa menempatkan bola begitu dekat dengan net atau jaring pada daerah lawan. Pukulan netting ini memang sengaja dilakukan saat saat kau memiliki posisi begitu dekat dengan net supaya bisa membuat lawan terkecoh.

Itulah tadi beberapa macam pukulan dalam bulu tangkis yang anda ketahui dan bisa anda pelajari secara khusus jika ingin melatih keterampilan main bulutangkis, semoga bermanfaat.

Baca juga: 5 JENIS OLAHRAGA SAAT PUASA BESERTA DENGAN TIPSNYA

Advertisements