Advertisements
Doa untuk Orang Meninggal

Inilah Doa untuk Orang Meninggal Beserta Artinya yang Baik Diamalkan

Doa untuk Orang Meninggal bisa menjadi pilihan amal perbuatan baik sebagai tambahan pahalan. Ada banyak sekali doa yang bisa kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain untuk semakin mendekatkan ketaqwaan kita, doa yang kita panjatkan juga menjadi harapan agar apa yang kita doakan terkabul.

Salah satu doa tersebut adalah yang dikhususkan untuk yang sudah wafat. Berikut ini pembahasan lebih lanjutnya :

1.   Doa untuk Orang Meninggal

Berikut ini adalah doa yang bisa dipanjatkan:

Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Terdapat sedikit perbedaan doa untuk orang yang sudah wafat laki-laki dan perempuan. Dimana, laki-laki menggunakan “hu” atau “hi”. Sementara, prempuan menggunakan “ha”

2. Arti Doa 

Berikut ini arti doa di atas, 

“Yaa Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.”

3.   Tujuan dan Manfaat Mendoakan Orang yang Telah Meninggal

Sebenarnya ulama memiliki perbedaan pendapat mengenai manfaat doa orang yang telah meninggal.

Ada ulama yang memperbolehkan kita mengirimkan doa ini dengan harapan orang meninggal tersebut akan mendapatkan pengampunan dari Allah SWT.

Advertisements

Dalam bukunya yang berjudul, “Kitab Induk Doa dan Dzikir Terjemah Kitab al-Adzkar” Imam an-Nawawi juga menjelaskan bahwa doa untuk orang yang sudah berpulang akan memberikan manfaat dan pahala doanya juga akan sampai.

Doa ini juga bisa menjadi hadiah bagi orang yang masih hidup kepada orang yang telah meninggal sekaligus memintakan ampunan kepada Allah terhadap mereka (Riwayat yang ditulis oleh Syekh Nawawi).

Selain  itu, Rasulullah juga bersabda :

“Siapa menolong mayit dengan membacakan ayat-ayat Al-Qur’an dan zikir Allah akan memastikan surga baginya.” (HR. Ad-Darimy dan Nasa’i dari Ibnu Abbas)

 Namun, sebagian ulama lainnya berpendapat bahwa doa dan Al-Fatihah yang ditujukan untuk orang meninggal tidak akan sampai dan tidak ada manfaatnya bagi mereka yang telah wafat.

4.   Waktu-Waktu Memanjatkan Doa

Kita bisa memanjatkan doa untuk orang yang sudah wafat setiap hari. Hanya saja, ada waktu-waktu yang dimustajabkan.

Seperti hari jum’at, saat sedang sujud, saat sepertiga malam terakhir, setelah selesai menunaikan sholat wajib, dan waktu diantara Adzan dan Iqomah.

Itulah beberapa pembahasan mengenai doa untuk orang meninggal. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat ya.

Baca Juga: Doa dan Perbuatan Baik untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Advertisements