Advertisements
Hadits Menuntut Ilmu

Inilah Kumpulan Hadits Menuntut Ilmu Beserta Keutamaannya

Hadits menuntut ilmu perlu dikaji agar bisa lebih memaknai proses belajar Anda. Bisa dibilang ilmu merupakan kunci semua kebaikan karena dengan memiliki ilmu kita bisa mengetahui syariat (hukum) Allah. Selain itu, dengan berilmu kita bisa mengamalkan agama secara sempurna.

Begitu pentingnya ilmu sehingga tidak heran kalau dalam Islam sangat dianjurkan untuk menuntut ilmu. Anjuran untuk menuntut ilmu ini termaktub dalam beberapa riwayat hadits. Berikut 10 hadits menuntut ilmu dan keutamaannya : 

1. Wasiat Baik kepada Penuntut Ilmu

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ”Kelak akan datang sejumlah kaum yang menuntut ilmu. Jika kalian nanti melihat mereka maka sampaikan kepada mereka. ‘Selamat datang atas wasiat Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam,’ lalu ajarilah mereka.” (Hasan : HR. Ibnu Majah no. 247).

2. Terkecualikan dari Laknat 

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ”Ketahuilah bahwa sesungguhnya dunia itu terlaknat dan terlaknat pula isinya kecuali berzikir kepada Allah dan ketaatan kepada-Nya, orang berilmu, dan orang yang belajar.” (Hasan : HR. At-Tirmidzi no. 2322).

3. Harta Jadi Berkah

”Ada dua orang bersaudara (kakak adik) di zaman Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam dimana salah satu dari keduanya senantiasa mendatangi Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam (untuk mendengarkan hadits) dan yang lainnya sibuk bekerja. Lalu yang bekerja itu mengadukan saudaranya kepada beliau  (karena tidak ikut membantu kerja) lalu beliau menjawab.” Boleh jadi kamu diberi rezeki justru gara-gara saudaramu itu.” (Shahih : HR. At-Tirmidzi no. 2345). 

4. Perumpamaan Menyelesihi Ilmu Itu Sendiri

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ”Perumpamaan ahli ilmu yang mengajari manusia tetapi melupakan dirinya (tidak mengamalkan ilmunya) laksana lampu yang menerangi manusia tetapi membakar diri sendiri.” (Shahih : HR. Ath-Thbarani no. 168 dalam Al-Kabir). 

5. Ancaman Mencari Ilmu dengan Niat Hanya untuk Kepentingan Dunia

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ”Siapa yang belajar ilmu yang seharusnya ia niatkan untuk Allah justru ia memperlajarinya untuk mendapatkan harta dunia maka ia tidak akan mencium surga di hari Kiamat.’ (Shahih : HR. Abu Dawud no. 3664). 

Advertisements

6. Ancaman Ilmu Hanya untuk Popularitas

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ”Siapa yang mencari ilmu untuk membanggakan diri kepada ulama, atau mendebat orang-orang bodoh, atau agar diperhatikan oleh manusia maka Allah akan memasukkannya ke Neraka.” (Hasan : HR, At-Tirmidzi no. 2654). 

7. Jangan Belajar Agama untuk Kesombongan Diri

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ”Kalian jangan belajar ilmu untuk tujuan membanggakan diri di sisi ulama, mendebat orang-orang bodoh, tampil di majlis, dan siapa yang melakukan itu maka Neraka, Neraka.” (Shahih : HR. Ibnu Majah no. 254).

8. Ulama yang Membahayakan

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ”Sesungguhnya yang paling aku takutkan atas umatku adalah setiap orang munafik yang pintar bersilat lidah.” (Shahih : HR. Ahmad no. 144). 

9. Menulis Ilmu

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ”Ikatlah ilmu dengan tulisan.” (Shahih : HR. Al-Qadha’I no. 637 dan Ash-Shahihah no. 2026). 

10. Orang Penuntut Ilmu Disambut Rasulullah

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ”Selamat datang wahai penuntut ilmu. Sesungguhnya penuntut ilmu benar-benar ditutupi para malaikat dan dinaungi dengan sayap-sayapnya. Kemudian mereka saling bertumpuk-tumpuk hingga mencapai langit dunia (langit paling dekat dari bumi), karena kecintaan mereka (malaikat) kepada ilmu yang dipelajarinya.” (Shahih : HR. Ath-Thabrani no. 7347 dalam Al-Mu’jam Al-Kabir). 

Sekian kumpulan hadits menuntut ilmu yang bisa menjadi motivasi untuk Anda agar terus semangat menuntut ilmu.

Baca Juga: 25 Nama Nabi dan Rasul, Wajib Diketahui Si Kecil di Rumah

Advertisements